Sabtu, 24 Desember 2016

Tips yang Bisa Bantu Kamu Mengembangkan Filosofi Pribadi

Mungkin kamu enggak menyadari kalau filosofi pribadi adalah satu hal penting untuk menentukan bagaimana hidupmu berjalan, juga bagaimana membuat hidup itu sendiri jadi lebih bermakna.
Seiring berjalannya waktu, filosofi hidup itu akan mengalami perubahan. Nah, supaya enggak mengalami dinamika yang keluar jalur, simak tips yang bisa membantumu untuk mengembangkan filosofi pribadi ke arah yang bermakna.
#1
Kamu sudah mengalami banyak hal dalam hidup. Mulai dari hal yang sangat bahagia sampai keterlaluan sedihnya. Pengembangan filosofi pribadi adalah tentang bagaimana kamu bisa mengatasi segala pikiran yang muncul dalam situasi tertentu. Bagaimana memaknai satu kejadian akan jadi jalurmu menentukan filosofi tersebut.
#2
Belajar tak hanya dari kegagalan, tapi juga kesuksesan. Kalau hanya dari kegagalan, hal yang perlu kamu lakukan hanyalah evaluasi. Namun, dengan melihat dari sisi sukses, kamu bisa merasakan mawas diri, serta memberikan implus optimis, tak hanya evaluasi belaka.
#3
Membaca sebanyak yang kamu bisa. Karena pengembangan filosofi pun tergantung pada bahan bacaan yang kamu 'lahap' setiap harinya. Bagaimana para filsuf terkenal menentukan angle pada satu permasalahan bisa saja memberimu jalur untuk memaknai satu hal di kadar yang berbeda.
#4
Bisakan menulis journal. Karena pikiranmu enggak akan bisa menyimpan semua hal secara detail, apalagi dalam waktu yang lama. Itu lah gunanya catatan, untuk kembali mengingatkanmu akan satu fase yang telah terlewati. Mencari kembali detail makna yang mungkin saja tertinggal kala itu.
#5
Tak hanya secara internal, filosofi pribadi juga bisa terbentuk dari ucapan orang lain. Jadi lah pendengar yang baik. Karena dengan mendengar, kamu bisa memahami satu hal, enggak langsung menentukan judgement. Tapi, jangan lupa menyaring semua hal yang dibicarakan orang lain.
#6
Membentuk pribadi yang disiplin. Ini adalah gerbang dari kamu bisa menjalankan semua hal. Kalau kamu enggak ada disiplin diri, semua yang terjadi hanyalah untuk menghabiskan waktu.
#7
Jangan pernah mengabaikan satu keadaan yang menghampirimu. Jangan pula berpikiran dangkal kalau kejadian itu hanya memberikan satu perspektif. Pikir dengan memutar beberapa angle.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar