Minggu, 25 Desember 2016

Dampak dari Filsafat Renaisans

1.    Positif
Dalam berbagai macam ilmu perkembangan bukan main. Seperti ilmu bahasa, ilmu hayat dan ilmu alam. Metode ini dicari serta di adapatnya sendiri dan hasilnya mengagumkan. Renaisans ini mendorong munculnya kebiasaan kegatan intelektual sebagai petualangan social, bukan untuk mempertahakan ortodoksi. Mansui pada zaman in mansia yanag merindukan pemikiran yang bebas. Penemuan ilmu modern sudah mulai dirintis pada masa ini pada zaman ini. Ilmu penegetahuan yang berkembang maju pada masa ini adalah bidang astronomi oleh Copernicus dan Galileo yang merupakan titik balik dalam pemikiran ilmu dan filsafat.
Pada zaman renaisans ini manusia barat mulai berpikir secara baru dan secara berangsur-angsur melepaskan diri dari otoritas kekuasaan gereja yang selama ini membelenggu kebebasan Dallam mengemukaan kebenaran filsafat dan ilmu. Tradisi-tradisi yang diwariskan oleh bangasa Yanani kepada bangsa Barat inilah yang melahirkan kebangkitan dan kemajuan bangasa barat dengan begitu cepatnya dengan kekmampuan akal dana pemikiran dalam memahami gejala yang ada dalam kehidupanya. Filosofisnya membuat pemikiran manusia ketingkat mutlak.
Di prancis yang ditandai dengan revolusi prancis, dalam bidanag filsafat sudah ada tanda-tanda kearah pembaharuan, seprti Descartes, spinosa, dan Bklais Pascal. Selain perkembangan di bidanag ilmu dan kekebebasan berpikir yang melahirkan humanism, rasionalisme, nasionalisme dan absotulisme serta berani mempersolakan kepercayaan dan pmikiran, renaissance juga memberikan damapak positif terhadapa bidang lain, diantaranya adalah :
a.       Terbentuknya masayarakat perdagangan yan berdaya maju. Keadaan ini telah melamhakan kedudukan dan kekuasaan golongan feudal.
b.      Melahirkna tokoh-tokoh pemikir.
c.       Melahirka ahli sains dan perubahan
d.      Melahirkan masyarakat yang lebih progresif dan wujud semangat inquiri sehnigga membawa kepada aktivitas penelajahan dan pergerakan.
e.       Masayarakat berlomba-lomba memasuki kawasan kota dagang dan kotaindustri. Dan kota beralih fungsi dari kota politis menjadi kota menjaadi pusat perdagangan dan industry
f.       Munculnya kaum borjuis yang dapat menyaingi kaum bangasawan dan gereja
2.    Negative
Selain memiliki damapak negative, renaissance juga melahirkan dampak negatif, diantaranya adalah :
a.       Pada masa itu selain terjadi kebangunan kembali juga tejadi kebobrokan moral. Hal ini dikarenakan tidak adanya suatau norma yang bisa mengatur kehidupan .
b.      Pada zaman abad tengah segala sesuatu dilakukan secara kolektif. Sebalaiknya pada zaman renaisans, segala sesutau dilakukan secara individu.
c.       Pada zaman renaisans, segala sesuatu dilakukan berdasarkan materi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar