Menurut Jalaludin & Idi (2007: 24) secara mikro yang menjadi
ruang lingkup filsafat pendidikan meliputi:
- Merumuskan secara tegas sifat hakikat
pendidikan (the nature of education);
- Merumuskan sifat hakikat manusia, sebagai subjek dan objek pendidikan (the
nature of man);
- Merumuskan
secara tegas hubungan antara filsafat, filsafat pendidikan, agama dan kebudayaan;
- Merumuskan hubungan antara filsafat, filsafat
pendidikan, dan teori pendidikan;
- Merumuskan
hubungan antara filsafat negara (ideologi), filsafat pendidikan dan politik pendidikan (sistem pendidikan);
- Merumuskan sistem nilai, norma atau isi moral pendidikan yang merupakan tujuan
pendidikan.
Dengan demikian, dari uraian
di atas diperoleh suatu kesimpulan bahwa yang menjadi ruang lingkup filsafat
pendidikan itu ialah semua aspek yang berhubungan dengan upaya
manusiauntuk mengerti dan memahami hakikat pendidikan itu sendiri,yang berhubungan dengan
bagaimana pelaksanaan pendidikanyang baik dan bagaimana tujuan pendidikan itu dapat
dicapaiseperti yang dicita-citakan.
Filsafat merupakan sekumpulan sikap dan kepercayaan
terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara kritis atau pemikiran
terhadap kepercayaan dan sikap terhadap kepercayaan dan sikap yang sangat kita
junjung tinggi. Adapun menurut pendapat para ahli tentang ruang lingkup filsafat:
- Tentang hal mengerti, syarat-syaratnya dan
metode-metodenya.
- Tentang
ada dan tidak ada.
- Tentang
alam, dunia dan seisinya.
- Menentukan
apa yang baik dan apa yang buruk.
- Hakikat
manusia dan hubungannya dengan sesama makhluk lainnya.
- Tuhan
tidak dikecualikan.
Adapun ruang lingkup filsafat adalah segala sesuatu
lapangan pikiran manusia yang amat luat. Segala sesuatu yang mungkin ada dan
benar, benar ada (nyata), baik material konkrit maupuan nonmaterial abstrak
(tidak terlihat). Jadi obyek filsafat itu tidak terbatas. Objek pemikiran
filsafat yaitu dalam ruang lingkup yang menjangkau permasalahan kehidupan
mausia, alam semesta dan alam sekitarnya adalah juga objek pemikiran filsafat
pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar