Rabu, 28 Desember 2016

Makna Filsafat : Kajian Terminologis

Dalam Bahasa Arab, Falsafat berasal dari kata falsafa, yaitu al-hikmah. Kata Falsafah berasal dari kata Yunani, yaitu Philosophia yang berarti kecintaan pada kebenaran. Dalam Bahasa Indonesia menjadi Filsafat atau Filosofi. Dalam Arab, cabang ilmu tradisional Islam ini, disebut  ‘ulum al-hikmah atau al-hikmah yang artinya kebijaksanaan. Dengan demikian, failusuf (pelaku filsafat) disebut juga dengan al-hakim(orang bijaksana, jamak dari al-hukama).
Menurut Plato (427-347 SM), filsafat tidak lain adalah suatu ilmu yang membicarakan hakikat sesuatu. Adapun Aristoteles (murid Plato), berpendapat bahwa filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang kebenaran yang meliputi logika, fisika, metafisika, dan pengetahuan praktis. Sampai pada Aristoteles, pengertian filsafat mengalami perkembangan, yaitu tidak hanya sekedar ilmu, melainkan kebenaran seluruh ilmu pengetahuan.
Sedangkan para para filsuf muslim Abad Pertengahan memberikan pengertian filsafat sebagai ilmu yang meneliti hakikat segala sesuatu yang ada (al-maujudah) dengan cara menggunakan akal sempurna.
Dapat disingkat bahwa filsafat adalah hasil akal seseorang manusia yang mencari dan memikirkan suatu kebenaran dengan sedalam-dalamnya. Dengan kata lain, filsafat adalah ilmu yang memepelajari dengan sungguh-sungguh hakikat dan kebenaran segala sesuatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar