Minggu, 04 Desember 2016

Nikmatnya Mandi "Bareng" di Cikoromoy Banten

Kolam pemandian alam Cikoromoy sangat akrab di telinga warga Pandeglang, Banten. Wisata pemandian alam Gunung Karang ini selalu ramai wisatawan terutama pada hari libur.
Pemandian Cikoromoy merupakan pemandian alam tradisional. Terdapat dua kolam dengan pembeda hanya menurut kedalaman. Kolam pertama lebih dangkal untuk anak-anak. Sedangkan kolam lebih besar untuk orang dewasa.
Terletak di Desa Kadu Bungbang, Kecamatan Cimanuk, pemandian ini berjarak kurang lebih 14 kilometer dari Pandeglang kota. Pemandian Cikoromoy dapat ditempuh dari Alun-alun Pandeglang menuju arah Labuan hingga pertigaan Cimanuk atau Pasar Batubatar. Dari pertigaan Cimanuk, lalu mengambil arah ke Kadu Bungbang sekira 7 kilometer. Banyak angkutan umum ke arah Labuan. Sedangkan menuju lokasi bisa menggunakan jasa ojek.

Pemandian Cikoromoy sangat jernih. Air kolam langsung dialirkan dari Gunung Karang. Keluar-masuk air dari pemandian sangat besar sehingga kebersihan air sangat terjamin meski dipadati pengunjung.
Dari atas kolam, Anda dapat melihat dasar kolam. Kolam juga berisi ikan-ikan kecil yang terlepas ke kolam, dari para pedagang ikan yang banyak terdapat di sekitar pemandian. Dasar kolam berisi batu-batu kerikil. Terdapat juga batu besar sehingga kesan alami pemandian ini sangat kental.
Anda tidak akan tahan berlama-lama di dalam air. Bukan karena tidak betah tentu saja. Air kolam sangat dingin. Beberapa pengunjung memilih untuk menggunakan ban atau pelampung karet untuk menikmati segarnya kesegaran alam kaki Gunung Karang ini.
Bukan hanya wisata pemandian, Pemandian Cikoromoy juga menjadi tempat wisata bagi Anda yang ingin mengenal ikan tawar. Ikan air tawar jenis mas banyak dijual di Cikoromoy. Beberapa kolam sekitar pemandian menyediakan pemandangan beragam ikan mas dari yang terkecil hingga ikan yang sangat besar. Anda benar-benar dibawa berwisata di tempat yang sangat alami.
Warung-warung sederhana mengelilingi kolam. Warung-warung ini cocok untuk menghangatkan sejenak setelah dari dinginnya air. Jajanan warung disajikan untuk Anda meski dengan harga lebih tinggi dari warung di luar kawasan Cikoromoy.
Wisata kuliner juga menjadi daya tarik lain. Masih di sekitar kolam, Anda keluar sedikit melewati gang antara warung-warung, menuju tempat makan yang menawarkan suasana alam khas pedesaan. Warung lesehan di panggung-panggung akan menjadi pengalaman baru bagi Anda di Cikoromoy. Di bawah panggung-panggung itu, ratusan ikan mas berukuran besar menunggu sisa-sisa makanan yang mungkin Anda sisakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar